JEJAK KERAJAAN SURYA NEGARA KABUPATEN SANGGAU


Sanggau adalah salah satu wilayah kabupaten yang berada di Propinsi Kalimantan Barat. Menuju daerah yang dikenal dengan sebutan Bumi Daranante ini, bisa ditempuh dengan perjalanan darat kurang lebih 5 jam dari kota Pontianak. Jalur lain bisa dilalui dengan menyusuri Sungai Kapuas, namun waktu tempuhnya bisa lebih lama dan biayanya relatif lebih mahal.
Sejarah masyarakat Sanggau tidak bisa dilepaskan dari berdirinya Kerajaan Surya Negara. Keraton kerajaan menjadi saksi jaman keemasan Sanggau tempo dulu. Sejarah menyebutkan Kerajaan Sanggau didirikan oleh Daranante yang bukan asli Sanggau, tetapi berasal dari Kabupaten Ketapang. Beliau menikah dengan Babai Cingak dari suku Dayak Sanggau. Awalnya Daranante membangun Keraton di hulu sungai Sekayam, tepatnya di Desa Mengkiang. Namun catatan sejarah tidak menyebutkan tahun berapa berdirinya kerajaan tersebut, sampai kemudian pada tahun 1826 Sultan Ayub sebagai Panembahan kala itu, memindahkan pusat kerajaan Sanggau ke Desa Kantuk dan mendirikan Masjid Jami.
Kini, Keraton Surya Negara dan Masjid Jami Sultan Ayub menjadi aset sekaligus salah satu destinasi wisata sejarah Kabupaten Sanggau.

Share Button